Rabu, 12 Februari 2014



ABSTRAK
Butarbutar, Pesta Karolina. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Metode Mind Map (Peta Konsep) dan Pemanfaatan Lingkungan pada Siswa  Kelas VIIIA SMP YPPK Santo Paulus Abepura Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Cenderawasih. Pembimbing I Dr. Aleda Mawene, M.Pd. Pembimbing II Dra. Tri Handayani, M.Hum.  

Menulis  merupakan suatu keterampilan berbahasa yang diguanakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Menulis merupakan suatu keterampilan yang produktif dan ekspresif. Dalam kegiatan menulis penulis haruslah terampil memanfaatkan struktur bahasa dan kosa kata. Keterampilan menulis tidak datang secara otomatis melainkan harus melalui latihan dan praktek yang banyak dan teratur. Pada kenyataanya, banyak siswa yang beranggapan bahwa pembelajaran menulis khususnya menulis puisi sangat membosankan, terutama ketika harus menggunakan pilihan kata, unsur persajakan, rima, dsb. Hal seperti ini menyebabkan kemampuan menulis puisi siswa tersebut menjadi rendah. Kesulitan menulis puisi juga dialami siswa kelas VIIIA SMP YPPK Santo Paulus. Dari 34 siswa yang mampu mencapai nilai KKM hanya 7 orang.
Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berupaya meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIIA SMP YPPK Santo Paulus Abepura dengan menggunakan metode mind map dan pemanfaatan lingkungan. Metode mind map merupakan suatu metode pembelajaran yag dirancang untuk membantu siswa dalam proses belajar, yang dituangkan dalam bentuk peta pikiran mengenai suatu topik atau tema tertentu. Pemanfaatan lingkungan adalah penggunaan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar, sehingga siswa tidak hanya mendapatkan materi pelajaran dari buku saja tetapi menggabungkan keduanya. Dengan demikian diharapkan pembelajaran menulis puis dengan memanfaatkan lingkungan dan metode mind map, mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.
Tahapan-tahapan yang akan ditempuh dalam penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penyusunan RPP disesuaikan dengan Standar Kompetensi (SK) yaitu “mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas” dan Kompetensi Dasar (KD) “menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan.”

Setelah dilaksanakannya penelitian melaui prasiklus, siklus I dan siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind map dan pemanfaatan llingkungan dapat meningkatkan kemampua menulis puisi siswa kelas VIIIA SMP YPPK Santo Paulus Abepura tahun ajaran 2012/2013. Pada prasiklus nilai rata-rata keseluruhan siswa mencapai 67,8, sedangkan pada siklus I mencapai rata-rata 71,8. Selanjutnya pada pelaksanaan siklus II mencapai rata-rata 81,2. dari pelaksanaan prasiklus hingga siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 13,4. Peningkatan yang dilakukan pada penelitian ini juga mempengaruhi tingkah laku siswa kelas VIIIA SMP YPPK Santo Paulus Abepura menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini terlihat dari keaktifan serata semangat para siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi.

Kata Kunci : Kemampuan Menulis Puisi, Metode Mind Map dan Pemanfaatan Lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar